Selasa, 20 Agustus 2024

Dosen Unmuh Jember Dampingi Siswa SMA dengan Latihan Fisik, Gizi, dan Edukasi Psikologi

 

Dalam rangka memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, Ahmad Sulaiman S.Pd, M.Pd dosen program studi Pendidikan Olahraga Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember), menginisiasi sebuah kegiatan pengabdian yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi seleksi masuk sekolah kedinasan dan TNI/POLRI. Kegiatan ini berlangsung dari Agustus hingga November 2024 dan melibatkan 38 siswa/i kelas XII dan XI dari SMAN Pakusari, Jember.

Pengabdian ini dilakukan di beberapa fasilitas Unmuh Jember. Untuk materi latihan fisik kesamaptaan, kegiatan diadakan di lapangan atletik Unmuh Jember, sementara latihan renang dilakukan di kolam renang Kebonagung. Materi teori terkait persiapan tes disampaikan di ruang kelas FKIP Gedung Alfanani Unmuh Jember.

Ahmad Sulaiman menjelaskan, “Pengabdian ini bukan hanya soal melatih fisik, tetapi juga mempersiapkan mental dan pengetahuan mereka. Kami ingin para siswa ini tidak hanya siap secara fisik, tetapi juga memahami apa yang akan mereka hadapi dalam proses seleksi.”

Kegiatan ini tidak hanya difokuskan pada aspek fisik, tetapi juga pada pemahaman materi teori yang diperlukan untuk menghadapi seleksi. Sebagai langkah awal, program pengabdian ini telah memasuki tahap orientasi, di mana para siswa diperkenalkan dengan berbagai tantangan yang akan mereka hadapi dalam seleksi masuk sekolah kedinasan dan TNI/POLRI. Sebelumnya, koordinasi telah dilakukan dengan guru Bimbingan Konseling (BK) dan sosialisasi telah disampaikan kepada seluruh siswa kelas XII untuk memastikan kesiapan dan antusiasme mereka.

“Dengan persiapan yang matang, saya yakin para siswa ini akan memiliki peluang lebih besar untuk diterima di sekolah kedinasan atau bergabung dengan TNI/POLRI. Ini adalah langkah awal bagi mereka untuk mengabdi kepada bangsa dan negara,” tambahnya.

Dalam pengabdian ini, Ahmad Sulaiman menekankan pentingnya persiapan yang matang bagi para siswa yang bercita-cita mengabdi kepada negara melalui jalur pendidikan kedinasan dan karir di TNI/POLRI. Dengan bimbingan yang tepat, diharapkan para siswa dapat meningkatkan peluang mereka untuk lolos dalam seleksi yang kompetitif ini.

Pengabdian yang dilakukan oleh Ahmad Sulaiman ini bukan sekadar latihan fisik, tetapi juga sebuah misi untuk memberdayakan generasi muda agar siap mengabdi bagi bangsa dan negara.

Tags :

bm
Created by: Unas Aleansa

Humas Unmuh Jember Jaya Jaya Jaya!

Posting Komentar

Connect