Kamis, 11 Juli 2024

Festival Budaya 2024: Mahasiswa Unmuh Jember Sajikan Harmoni Nusantara




Mahasiswa semester 4 Program Studi Ilmu Komunikasi dan Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) sukses menyelenggarakan Festival Budaya 2024 dengan tema "Harmoni Nusantara" di Aula Ahmad Zainuri pada Rabu (11/7/2024).

Uniknya, panggung pertunjukan memanfaatkan seluruh bagian Aula Ahmad Zainuri, menciptakan kejutan dari berbagai sudut panggung. Dengan menampilkan lima pertunjukan utama yang mengundang antusiasme tinggi dari para pengunjung. 


Penampilan lima pertunjukan tersebut mengisahkan Dewi Songgo Langit yang menampilkan Reog Ponorogo datang dari bagian belakang panggung mampu memberikan kejutan untuk pengunjung, Kisah Ramayana yang kemunculan sosok anoman dapat menarik antusiasme pengunjung , Calon Arang yang menghadirkan sosok seram Leak dari Bali mampu membuat aula menjadi sunyi dan membuat bulu kuduk merinding, serta pertunjukan tari, fashion, dan flashmob dengan judul penampilan Serenda Warisan Nusantara dan Budaya Indonesia mampu membuat pengunjung takjub akan keindahan yang dimiliki oleh Indonesia.



Ketua Panitia, Salsabila Sari Yasmin, menjelaskan bahwa persiapan yang dilakukan hanya dalam waktu 1 bulan 15 hari. 

"Persiapan dari konsep awal hingga latihan performa memakan waktu sekitar 1 bulan 15 hari, namun latihan intensif baru dilakukan selama 3 minggu," ujarnya.

Putra Kurniawan, Dosen Pengampu Mata Kuliah Komunikasi Antar Budaya, mengungkapkan bahwa ide festival ini sepenuhnya berasal dari mahasiswa semester 4. 

"Saya sempat menawarkan ide budaya luar seperti cosplay, namun mahasiswa lebih memilih mengangkat budaya Indonesia yang kaya dan perlu dilestarikan. Maka lahirlah tema Harmoni Nusantara ini dan kegiatan ini murni dari mahasiswa semester 4 baik itu sebagai performer dan sebagai panitia event organizer" jelasnya.



Festival Budaya 2024 ini juga merupakan bagian dari Ujian Akhir Semester Mata Kuliah. "Tradisi Festival Budaya ini sudah ada sejak lama dan setiap tahun selalu dinantikan. Tahun ini, kami berkolaborasi dengan Prodi Psikologi untuk ketiga kalinya," tambah Putra.

Selain itu dirinya juga mengapresiasi penuh mahasiswa semester 4 karena menurutnya dengan persiapan matang dan semangat yang luar biasa dari mahasiswa, Festival Budaya 2024 sukses menjadi ajang apresiasi budaya Indonesia, menampilkan kekayaan dan keragaman yang dimiliki Nusantara.


Mengakhiri acara, Putra menyatakan harapannya untuk peningkatan festival di tahun berikutnya. 

"Tanggung jawab Festival Budaya ini semakin besar. Alhamdulillah, standar performa tiap tahunnya naik. Semoga tahun depan akan lebih meningkat lagi," harapnya.


Tags :

bm
Created by: News Unmuh Jember

Humas Unmuh Jember Jaya Jaya Jaya!

Posting Komentar

Connect