Kamis, 22 Agustus 2024

Dosen Unmuh Jember Hadirkan Podcast Digital untuk Warga Muhammadiyah Bangsalsari

Kukuh Pribadi saat memberikan bimbingan teknis tentang produksi podcast (Sumber : Humas Unmuh Jember).

Kukuh Pribadi, S.I.Kom., M.A., seorang dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember), berhasil memperkenalkan pendekatan baru dalam dakwah digital melalui program podcast di Bangsalsari.

Program bertajuk “Dasi-Mu: Dakwah Siniar Muhammadiyah” ini dirancang sebagai respons terhadap tantangan dakwah yang dihadapi warga Muhammadiyah, khususnya di Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Bangsalsari.

Melalui siniar, Kukuh Pribadi dan tim berhasil menciptakan solusi dakwah yang relevan dengan perkembangan zaman. Selama ini, dakwah di Bangsalsari terkendala oleh kondisi geografis dan demografis, di mana mayoritas anggotanya adalah lansia yang kesulitan mengikuti kajian secara tatap muka.

"Podcast dipilih karena fleksibilitasnya yang memungkinkan para anggota mendengarkan konten kapan saja dan di mana saja, baik melalui WhatsApp maupun Spotify," ungkap Kukuh Pribadi.

Program ini didorong oleh fakta yang disampaikan oleh Denny JA melalui video yang diunggah dengan judul "“Denny JA: NU Menaik, Muhammadiyah Menurun Drastis. Mengapa?”  bahwa dalam beberapa tahun terakhir, identifikasi publik terhadap Muhammadiyah mengalami penurunan. Melihat hal ini, Kukuh Pribadi menginisiasi pengabdian kepada masyarakat dengan fokus pada media dakwah digital.

"Program ini menggunakan podcast sebagai medium utama untuk menjangkau warga Muhammadiyah di Bangsalsari, khususnya mereka yang kesulitan menghadiri kajian secara langsung," jelasnya.

Menurutnya podcast atau siniar dinilai sangat cocok karena mudah diakses, tidak membutuhkan biaya produksi yang besar, dan dapat disebarluaskan melalui berbagai platform digital.

"Dengan begitu, dakwah dapat sampai kepada anggota Muhammadiyah tanpa batasan waktu dan tempat," terangnya.

Dalam rangka mendukung program ini, tim pengabdian RisetMU  pada Minggu (5/5/2024) yang dipimpin oleh Kukuh Pribadi telah menyediakan perangkat siniar lengkap, termasuk mikrofon dan studio podcast portabel.

Kukuh Pribadi saat memberikan perangkat siniar lengkap kepada PCM Bangsalsari (Sumber : Humas Unmuh Jember).

Program ini diharapkan mampu menghasilkan minimal dua musim podcast dengan total 24 episode, yang tidak hanya akan didistribusikan kepada warga PCM Bangsalsari, tetapi juga bisa diakses lebih luas melalui platform digital seperti Spotify.

Selain itu, Kukuh dan timnya juga menggelar pelatihan bagi kader Muhammadiyah dan LazisMu untuk mengoperasikan perangkat siniar, sehingga mereka dapat mandiri dalam memproduksi dan mendistribusikan konten dakwah ke depannya.

Dengan adanya “Dasi-Mu,” Kukuh Pribadi berharap bahwa dakwah Muhammadiyah, khususnya di PCM Bangsalsari, dapat semakin berkembang di era digital ini. Inovasi ini tidak hanya menjawab tantangan keterbatasan fisik dan geografis, tetapi juga menjadi model bagi dakwah digital yang relevan dengan kebutuhan masyarakat modern.

Program ini menjadi bukti nyata bagaimana akademisi seperti Kukuh Pribadi, melalui dukungan dari program RisetMU, mampu membawa perubahan positif dalam dakwah dan kehidupan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi.

Tags :

bm
Created by: News Unmuh Jember

Humas Unmuh Jember Jaya Jaya Jaya!

Posting Komentar

Connect