Senin, 30 September 2024

Kisah Inspiratif Mahasiswa Berprestasi yang Sukses Raih Impian di Wisuda ke-51 Unmuh Jember

Mohammad Rizky, salah satu mahasiswa berprestasi dari Program Studi S-1 Teknik Informatika pada Wisuda ke-51 Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) membagikan kisahnya selama menempuh Pendidikan di perguruan tinggi.

Mahasiswa asal Lumajang tersebut mengaku sempat gundah dalam memilih perguruan tinggi sampai pada akhirnya memantapkan hati memilih Unmuh Jember. Sampai pada akhirnya dia lolos beasiswa KIP-K dari Kemdikbud yang dibiayai sampai dengan dia lulus kini.

Berasal dari keluarga sederhana, semangatnya tak main-main. Rizky, sapaan akrabnya, mengaku melakoni kuliah tak hanya datang ke kampus lalu pulang. Keaktifannya di Fakultas Teknik ia buktikan dengan ia menjadi asdos. Sementara dalam Tingkat Universitas, ia pernah didapuk menjadi Harapan 1 Finalis Duta Kampus 2.0.

Kemampuannya dalam bidang public speaking juga menjadikannya sering wara wiri di kegiatan kampus dalam menjadi Master of Ceremony. “Saya sadar ilmu tidak hanya didapatkan dari bangku kuliah saja, makanya saya memaksimalkan kemampuan yang ada.” 

Tak hanya itu, dalam bidang akademis, ia juga pernah tergabung dalam KKN Mas (Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah) Tahun 2023 di Bangka Belitung. KKN tersebut merupakan program pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah seluruh Indonesia.

“Berkumpul dengan teman yang heterogen dari seluruh penjuru Indonesia menjadikan wawasan dan pola fikir kita lebih terbuka.”ujarnya. Ditempatkan di daerah terpencil, Rizky membagi pengalamannya bagaimana ia dan kelompoknya harus bisa memaksimalkan program kerja agar bisa memberi andil bermanfaat untuk warga disana.

Torehan prestasi lainnya yaitu menjadi Penerima Bantuan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) tahun 2023. Fokus di bidang fotografi, ia bersama dua teman lainnya membentuk Aridaka Project Digital.

Dalam masa akhir perkuliahannya Rizky juga bergabung dengan Humas Unmuh Jember menjadi Support System pada posisi Conten Creator. "Menjadi bagian sebagai pembuat konten dan bergabung pada kegiatan besar universitas merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya." Ke depan, lanjutnya, ilmu yang didapat akan diserap untuk lebih menggali potensi yang ada. 

Lulus tiga tahun tujuh bulan tiga belas hari, Rizky mempersembahkan keberhasilannya kini untuk almarhum ibunya. Masih teringat jelas, cita-cita mulai almarhum ibundanya yaitu memiliki anak dengan Pendidikan yang tinggi. “Meskipun ibu sekarang tidak bisa membersamaiku, tapi aku sudah bisa mewujudkan cita-cita beliau,” kenangnya sambil berkaca-kaca.

Menjadi pribadi Tangguh itu tidak mudah, membuktikan kepada Masyarakat bahwa kita bisa itu butuh perjuangan. Rizky berpersan kepada para adik Tingkat untuk tetap focus pada tujuan utama kalian. Mulai dari sekarang, persiapkan diri kalian untuk memasuki dunia kerja.

Asah kemampuan soft skills seperti komunikasi, kerja sama tim, dan problem solving.Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru, keluar dari zona nyaman, dan berani berinovasi. Kegagalan adalah bagian dari proses menuju kesuksesan. Jadi, jangan pernah menyerah!

Tags :

bm
Created by: Unas Aleansa

Humas Unmuh Jember Jaya Jaya Jaya!

Posting Komentar

Connect