Sabtu, 21 September 2024

Komitmen Prodi Manajemen dalam Meraih Akreditasi Unggul sebagai Penyedia Pendidikan Berkualitas

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Jember  (Unmuh Jember) berhasil meraih akreditasi "Unggul" dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan Surat Keputusan (SK) LAMEMBA No. 1549/DE/A.5/AR.10/IX/2024. Yang berlaku sejak (11/9/2024). Prestasi ini merupakan hasil dari upaya berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang menjadi fokus utama Prodi Manajemen.

Akreditasi unggul ini menjadi bukti komitmen Prodi Manajemen dalam menyediakan pendidikan berkualitas yang relevan dengan kebutuhan industri, serta mampu menghasilkan lulusan yang kompeten, inovatif, dan siap bersaing di era globalisasi. Dekan FEB, Maheni Ikasari, S.E., M.M, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam proses akreditasi ini.

"Ini adalah jawaban dari ikhtiar dan doa seluruh tim. Saya sangat bangga dan terharu memiliki tim akreditasi yang solid, yang berjuang hingga titik akhir,* ujar Ibu Dekan.

Namun, di balik pencapaian ini, ada tantangan besar yang harus dihadapi. Salah satu tantangan terberat adalah memenuhi instrumen penilaian LAMEMBA yang sangat ketat, khususnya terkait internasionalisasi dan peningkatan kinerja sumber daya manusia serta implementasi kerjasama Tri Dharma. "Internasionalisasi adalah bagian yang sangat berat dan membutuhkan dana serta waktu yang tidak singkat," tambahnya. FEB telah memulai langkah ini sejak 2020 dengan penataan SDM, dan internasionalisasi mulai digencarkan awal 2023.

Akreditasi Unggul ini mencerminkan kualitas pendidikan dan layanan yang ada di FEB. Semua pencapaian yang dilaporkan dalam Dokumen Evaluasi Diri adalah hasil nyata dari upaya yang telah dilaksanakan oleh Prodi Manajemen.

Namun, pencapaian ini bukanlah titik akhir. "Unggul bukan berarti berhenti, tetapi ini justru menjadi awal bagi FEB untuk terus meningkatkan mutu Catur Dharma," tegas Ibu Dekan. FEB akan menindaklanjuti rekomendasi dari asesor, termasuk perbaikan tata kelola, peninjauan kurikulum, dan pengembangan kerjasama internasional. Saat ini, FEB sedang menyiapkan berbagai dokumen penting serta mempersiapkan kelas internasional sebagai langkah pengembangan lebih lanjut.

Dengan akreditasi unggul ini, Prodi Manajemen Unmuh Jember Jember semakin percaya diri dalam melanjutkan visi menjadi salah satu pusat pendidikan manajemen terkemuka di Indonesia. Prestasi ini diharapkan dapat memberikan motivasi lebih bagi seluruh mahasiswa dan dosen untuk terus berkarya dan berinovasi.

Tags :

bm
Created by: Unas Aleansa

Humas Unmuh Jember Jaya Jaya Jaya!

Posting Komentar

Connect