Kamis, 30 Mei 2024

Gandeng UMS pada Kerjasama Internasional, Unmuh Jember Gelar Summer Camp 2024



Sejalur dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan tiga pilar yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kerja sama antar-universitas di tingkat internasional mampu membentuk penerapan pengabdian berupa pertukaran Informasi antar-budaya yang memungkinkan pengenalan budaya baru dan perluasan jaringan sosial.

 

Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) menggelar International Student Mobility – Summer Camp dengan tema “Explore, Discover, Grow, and Experience (E.D.G.E) 2024 pada hari Selasa (28/05/2024) hingga Kamis (30/05/2024) yang dibuka langsung di Rumah Sakit Unmuh Jember di hari pertama dengan jumlah peserta sebanyak 42 peserta yang berasal dari negara-negara yang bervariasi.

 

Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Wakil Rektor I, Dr. Bagus Setya Rintyarna, ST., M.Kom., pengenalan kampus oleh Yoseph Triprasetya Sundawa dan Penampilan Tapak Suci dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tapak Suci Unmuh Jember.

 


“Diharapkan acara ini mampu menjadi pengenalan budaya yang baik bagi seluruh peserta mahasiswa asing” jelas Bagus.

 

Dengan memunculkan konsep sesuai tema, acara ini diawali langsung dengan “Explore Your Creativity” yang menuntut peserta untuk kreatif dan berinteraksi langsung antar-peserta. Penyediaan permainan yang mengajarkan peserta untuk membuat sesuatu dari bahan seadanya untuk dilelangkan menjadi daya tarik keseruan tersendiri bagi para peserta. Kreativitas peserta dalam membuat barang seperti amplop ajaib dari kertas, tas dari box kardus dan ragam karya kreatif lainnya.

 

Dilanjutkan dengan acara “Discover the Mystery” yang mengajak seluruh peserta untuk mengunjungi tempat-tempat di area perkotaan Kabupaten Jember, seperti wisata pada Titik Nol, Museum Huruf dan Museum Tembakau Kabupaten Jember. Dalam acara ini, peserta menemukan keunikan khas serta budaya yang ada di Jember. Pada sesi kegiatan ini, Unmuh Jember dibantu oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jember.

 

Acara berlangsung lancar dan penuh dengan keseruan hingga seluruh peserta kembali ke tempat penginapan. Pada seluruh rangkaian acara, peserta asing dikenalkan dengan kuliner Jember serta lagu-lagu Indonesia yang dinikmati secara baik oleh seluruh peserta.

Tags :

bm
Created by: News Unmuh Jember

Humas Unmuh Jember Jaya Jaya Jaya!

Posting Komentar

Connect