Jumat, 23 Agustus 2024

BTN Syariah Jember dan Unmuh Jember Kolaborasi dalam Program Sertifikasi Halal untuk UMKM

Foto bersama setelah Penandatangan Perjanjian Kerjasama (Kontributor Humas Unmuh Jember: Al Ashr Yaasiin Rahardja Putra)

PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah Jember menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Pusat Studi Sentra Halal Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) Pada Jumat, (23/8/2024). Kolaborasi ini bertujuan mendukung upaya sertifikasi halal bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Jember, dengan bantuan 25 voucher sertifikasi halal.

Pihak yang bekerjasama dalam proyek ini, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unmuh Jember, penyuluh agama Kabupaten Jember, khususnya Kecamatan Wuluhan.

Sebanyak 15 voucher siap didistribusikan kepada UMKM terpilih yang bekerja sama dengan koperasi dan Lembaga Penjamin Jaminan Keuangan (LPJK) Unmuh Jember. Sementara sisanya akan diperkenalkan kepada UMKM lainnya melalui sosialisasi di berbagai wilayah Muhammadiyah di Jember.

Program ini merupakan bagian dari inisiatif BTN Syariah yang menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk memfasilitasi sertifikasi halal secara gratis. Dengan melibatkan penyuluh agama di Kecamatan Wuluhan serta mahasiswa Unmuh Jember sebagai pendamping, proyek ini diharapkan meningkatkan jumlah UMKM bersertifikat halal di Jember, sejalan dengan tenggat waktu pendaftaran sertifikasi halal gratis dari pemerintah yang berakhir pada September 2024.

Hal ini selaras dengan target nasional sertifikasi halal, yaitu Pemerintah Indonesia melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) pada tahun 2023 lalu menetapkan target bahwa pada tahun 2024, sebanyak 10 juta UMKM di Indonesia diharapkan telah mendapatkan sertifikasi halal sebagai bagian dari upaya memperkuat daya saing produk halal lokal, baik di pasar domestik maupun internasional.

Selain memberikan manfaat besar bagi UMKM, program ini juga membantu meningkatkan reputasi BTN Syariah di mata masyarakat, sebagai bukti komitmen sosial mereka dalam mendukung dunia usaha. Ke depan, pihak Unmuh Jember berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut dengan penambahan voucher sertifikasi halal, demi meningkatkan daya saing UMKM di wilayah tersebut. 

Melalui pendampingan oleh empat pendamping yang telah memiliki data UMKM, voucher ini diharapkan segera tersalurkan dengan baik, mempercepat proses sertifikasi halal di Jember sebelum batas waktu yang telah ditentukan.


Kontributor Humas Unmuh Jember : Al Ashr Yaasiin Rahardja Putra

Tags :

bm
Created by: News Unmuh Jember

Humas Unmuh Jember Jaya Jaya Jaya!

Posting Komentar

Connect