Jumat, 16 Agustus 2024

Menjalin Erat Tali Persaudaraan, Mahasiswa KKN MAs Mengahadiri serta Ikut Andil Kegiatan Malam Tirakatan 17 Agustus 2024 Desa Manisharjo.



Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 Tahun Mahasiswa KKN Muhammadiyah & Aisyiyah (Mas) menghadiri acara malam tirakatan yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Dukuh Pencil, Desa Manisharjo, Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan tersebut digelar secara meriah di simpang empat Dukuh Pencil, Desa Manisharjo pada (16/08/24).

Acara malam tirakatan ini merupakan salah satu tradisi warga desa secara turun menurun, sebagai bentuk penghormatan atau mengingat jasa para pahlawan. Tak hanya itu, acara ini juga menjadi kesempatan bagi warga desa untuk saling mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, dan gotong royong. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pengurus Dukuh Desa, seperti Bapak RT, RW, Kepala Dusun, dan Tokoh Penting Masyarakat.

Pembacaan Surah Yasiin Tahlil dan potong tumpeng menjadi acara inti kegiatan tersebut.  Warga desa dan mahasiswa KKN MAs secara khidmat ikut mendoakan para pahlawan. Dengan diadakannya malam tirakatan tersebut, warga setempat senantiasa berdoa dan bergarap agar negara Indonesia selalu berada dalam lindungan Allah SWT dan semakin maju untuk kedepannya. 

Kemudian, adapun pesan sambutan dari Bupati Kabupaten Sukoharjo, Ibu Hj. Etik Suryani, SE, MM. yang diwakilan oleh pengurus Desa dengan isi pesan harapan yaitu kedamaian antar masyarakat dan berharap semoga Desa Manisharjo bisa menjadi lebih maju dan program pemerintah yang telah dijanjikan akan segera terlaksana dengan lancar. 

Di balik kemeriahan malam tirakatan tersebut, terdapat karang taruna yang bertugas sebagai panitia penyelenggara. Mereka mempersiapkan seluruh rangkaian kegiatan dengan penuh semangat. 

"Jiwa semangat dan saling gotong royong inilah yann menjadi kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa KKN, sebab ternyata masih terdapat pemuda pemudi yang mau berperan penuh terhadap kepedulian sosial," ungkap Silvie Ayu Anggota KKN MAs dari Unmuh Jember.

Peran Karang Taruna sangat penting sebagai ujung tombak dalam memperkuat solidaritas masyarakat desa. Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN MAs juga turut membantu persiapan pra acara, pembagian hadiah lomba, dan MC kegiatan. 

Selain rangkaian inti acara tersebut, di akhir kegiatan adapun sesi meriah yang paling ditunggu oleh warga dan  anak-anak khususnya, yaitu pembagian hadiah lomba, hadiah kupon dan mini souvenir. 

Dengan penuh antusias, ibu-ibu, bapak-bapak dan anak-anak dipanggil satu persatu untuk pembagian hadiah juara lomba yang dilaksanakan sebelumnya. Kemudian, hadiah utama  dari kupon yaitu beberapa peralatan elektronik menjadi incaran utama masyarakat. Dengan hadiah-hadiah yang telah dibagikan tersebut, seluruh karang taruna Dukuh Pencil, Manisharjo berharap agar dapat bermanfaat dengan baik bagi masyarakat yang mendapatkan

Tags :

bm
Created by: News Unmuh Jember

Humas Unmuh Jember Jaya Jaya Jaya!

Posting Komentar

Connect