FKIP Kembangkan Rapor Integratif, Disinyalir dapat Pangkas Adminstrasi Guru
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jember sedang menggelar sosialisasi dan workshop penggunaan rapor integratif TK ABA dilakukan secara periodik di Gedung Dakwah Aisyiyah (6/12).
Rapor integratif merupakan penyampaikan hasil belajar siswa
TK yang mencakup tiga aspek kegiatan pembelajaran. Ketiga aspek tersebut adalah
hasil belajar intrakurikuler, hasil belajar kegiatan P5, dan hasil belajar AIK.
Hasil belajar intrakurikuler untuk TK sesuai dengan BASKP no 032 tahun 2024,
sementara kegiatan P5 merujuk pada kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila
yang sesuai dengan BSAKP nomor 031 tahun 2024 dan hasil belajar AIK mengacu
pada pencapaian anak pada indikator Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Adapun hasil
belajar AIK merupakan penciri TK ABA sebagai amal usaha Muhammadiyah.
Melalui kegiatan pengabdian masyarahat tahun 2024, Tim
Pelaksana FKIP memberikan produk rapor integratif pada seluruh TK ABA di
Jember.
Ketua tim pelaksana adalah Dr. Fitri Amilia, Bersama dengan
tim pelaksana adalah Anam Fadlillah, M.P.d., dan Angraeny Unedia Rachman, M.Pd telah
melibatkan dosen, dan mahasiswa untuk memberikan pengalaman dalam menuntaskan
kegiatan penelitian, pengembangan, dan pengabdian di masyarakat.
Fitri mengungkapkan bahwa Rapor integratif ini disusun sesuai dengan harapan guru TK ABA. Mereka berharap agar tugas administratif berkurang dan bisa fokus untuk peningkatan layanan bermain dan belajar siswa dengan sistem yang mudah.
Berdasarkan kebutuhan tersebut, FKIP menugaskan dosen untuk mengembangkan rapor untuk memangkas tugas administratif pada laporan hasil belajar.
“Alhamdulillah, rapor integratif menjadi kabar baik guru TK
ABA.” Ungkap Fitri.
Melalui program ini, salah seorang Kepala sekolah TK ABA melalui
pesan Whatsapp mengungkapkan sisi positifnya kepada FKIP Unmuh Jember.
Tags : Berita Penelitian Pengabdian
Posting Komentar