Kamis, 06 Juni 2024

Perpustakaan Unmuh Jember Menuai Prestasi Membanggakan di Silasma FPPTMA Awards 2024



Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) berhasil meraih kemenangan dalam pagelaran Silaturahmi Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-’Aisyiyah (Silasma FPPTMA) 2024 yang dilaksanakan pada hari Rabu (05/06/2024) sampai hari Kamis (06/06/2024) di Aula Universitas Muhammadiyah Malang.

 

Dihadiri oleh lebih dari 80 Perwakilan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah se-Indonesia, acara ini diisi dengan kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas), Call for Paper, talkshow, seminar dan FPPTMA Awards. Acara ini dibuka dengan keynote speech oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas), E. Aminudin Aziz, opening speech oleh Diktilitbang dan materi-materi oleh Dr. Labibah Zain, MLIS. dan Novy Diana Fauzie, S.S., MA.

 

Pada FPPTMA Awards, Perpustakaan Unmuh Jember berhasil memenangkan Juara 1 Kategori Riset Terbaik oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Unmuh Jember, Berlian Eka Kurnia, S.IIP., M.A. dalam risetnya pada bibliometrik.

 

Bibliometrik yang diteliti oleh Berlian bertujuan untuk untuk melihat produktivitas penulis dalam suatu bidang tertentu. Dia fokus meneliti di bidang manajemen pendidikan terkait dengan seberapa produktif penulis bidang tersebut.

 

Kemenangan selanjutnya diperoleh oleh Endang Dewi Kartika, S.Ptk. Juara 1 Kategori Esai Terbaik dengan judul esainya “Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Publikasi Institusi Melalui Program Penerbitan Buku Refensi Kolaboratif Mahasiswa dan Dosen”

 

Pada tulisannya, Dewi menggagas penerbitan buku (skripsi mahasiswa) agar dapat dimanfaatkan oleh khalayak umum. Hal ini cukup menangani akses masyarakat terhadap keilmuan yang dipublikasikan oleh mahasiswa dengan repository skripsi yang close access.

 

“Konsepnya bukan skripsi yang dibukukan, tapi skripsi yang diolah esensinya agar bisa menjadi buku yang bisa dibaca oleh masyarakat” jelas Dewi.

 

Selain kemenangan individu, Perpustakaan Unmuh Jember juga berhasil memenangkan 2 kategori lainnya yakni Juara Harapan 1 Kategori Instagram Perpustakaan Terbaik dan Juara Harapan 3 Kategori Website Perpustakaan Terbaik.

 

“Dapat dijadikan pembelajaran untuk tahun depan agar lebih maksimal lagi merevitalisasi website” jelas Berlian.

 

Dalam kemenangannya, Berlian selaku Kepala UPT. Perpustakaan Unmuh Jember memiliki tujuan untuk bisa menjadi contoh kepada UPT lain bahwa tenaga kependidikan (tendik) di Unmuh Jember juga punya kesempatan untuk berkembang demi menaikkan eksistensi kampus. Tentunya, seluruh tendik diharapkan lebih aktif pada bidang masing-masing.

 

Dalam pengembangan perpustakaan agar menjadi lebih relevan dan up-to-date, pustakawan UPT. Perpustakaan Unmuh Jember mengaku ingin terus mengembangkan kemampuan dan kompetensinya agar dapat mengikuti permintaan pemustaka atas arus perubahan zaman yang pada awalnya perpustakaan hanya dituntut untuk penyediaan buku, berubah menjadi lebih fleksibel mengikuti perilaku pengambil informasi.

 

“Jangan pernah berhenti untuk belajar, terus kembangkan potensi.” Kata Berlian.

Tags :

bm
Created by: News Unmuh Jember

Humas Unmuh Jember Jaya Jaya Jaya!

Posting Komentar

Connect