Sabtu, 31 Agustus 2024

Pusat Karir Unmuh Jember : Pelopor Pengembangan Karir di Beberapa PTMA


Pusat Karir merupakan lembaga yang berada dalam struktur Perguruan Tinggi  memudahkan bagi alumni perguruan tinggi dengan perusahaan. Hal ini juga dimiliki Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember), meski Career Development Center terbilang cukup baru, progres signifikan yang dicapai oleh Pusat Karir Unmuh Jember ini telah menarik perhatian pengurus Pusat Karir Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PTMA) di Jawa Timur. Hal ini menjadikan Pusat Karir Unmuh Jember sebagai model percontohan dalam pengembangan pusat karir di lingkungan PTMA.

Salah satu pemeran dibalik layar sekaligus kunci keberhasilan CDC Unmuh Jember adalah Denny Arifiyanto,M.kom. Dedikasinya dalam mengembangkan dan menyempurnakan berbagai kegiatan di Pusat Karir Unmuh Jember membuatnya kerap diminta untuk berbagi pengalaman dan strategi kepada pusat karir PTMA lainnya. Atas kontribusinya yang luar biasa, Denny kini diberikan kepercayaan untuk menjabat sebagai Sekretaris II di Pengurus Pusat Karir PTMA. 

Salah satunya, menjadi pembicara dalam program pelatihan pusat karir PTMA se-Indonesia di Yogyakarta via zoom meeting. Dalam kesempatan tersebut, Denny membagikan cerita sukses mengenai progres Pusat Karir Unmuh Jember, yang diakui telah memberikan gambaran jelas tentang bagaimana pusat karir di PTMA lainnya dapat berkembang. 

"Harapan saya, setelah ini terciptanya kolaborasi dan kerja sama yang baik antar PTMA, termasuk dalam berbagi lowongan pekerjaan dan peluang karir bagi mahasiswa" Ucapnya.

Pada kesempatan lain, Denny juga memberikan edukasi berupa pelatihan pembuatan CV Applicant Tracking System (ATS) tingkat PTMA, yang dilakukan secara daring melalui Zoom. Dalam pelatihan ini, beliau menekankan pentingnya mahasiswa untuk menyesuaikan CV agar dapat terbaca dan di-ranking oleh mesin.

"Mengingat perusahaan besar kini menggunakan teknologi ATS untuk menyaring calon pelamar. Pelatihan ini telah bertujuan menambah wawasan mahasiswa PTMA tentang pentingnya mengikuti perkembangan teknologi dalam proses rekrutmen, sehingga mereka lebih siap bersaing di dunia kerja" Pesan Denny.

Peran aktif dan inovatif Bapak Denny tidak hanya mengangkat nama Career Development Center Unmuh Jember, juga memberikan impact positif bagi pusat karir di PTMA lainnya. Inisiatif dan kolaborasi yang dibangun menjadi bukti nyata bahwa Pusat Karir Unmuh Jember mampu memotorik peningkatan kualitas pengembangan karir mahasiswa di lingkungan PTMA lainnya.


Kontributor : Alya Nurhaliza

Baca juga : Dosen Pendidikan Biologi Mengangkat Kopi Lokal Jember di Seminar Visiting Profesor UMM

Tags :

bm
Created by: News Unmuh Jember

Humas Unmuh Jember Jaya Jaya Jaya!

Posting Komentar

Connect