Minggu, 25 Agustus 2024

Semarak HUT RI ke-79, Mahasiswa KKN MAs Unmuh Jember Gelar Karnaval di Desa Manisharjo

Merayakan Hari Ulang Tahun RI (Republik Indonesia) ke-79 Tahun, Desa Manisharjo menyelenggarakan kegiatan karnaval dan lomba kreasi pawai bambu antar dukuh. Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Desa Manisharjo pada hari Minggu, (25/08/24)

Dalam memperingati hari besar Republik Indonesia, Pemerintah Desa Manisharjo menyelenggarakan kompetisi Kades Cup II  

Manisharjo dengan beberapa kategori lomba, salah satunya yang paling menarik yaitu lomba kreasi pawai bambu. 

Desa Manisharjo bisa disebut sebagai daerah yang memiliki sumber daya alam bambu yang melimpah. oleh karena itu, Kepala Desa Manisharjo Bapak Retno Wahyudi menciptakan ide kreasi pawai dari bahan utama bambu.

Karnaval tersebut dihadiri langsung oleh Bapak Camat Bendosari, Kapolsek Bendosari, dan Danramil 0726 Bendosari. Dengan semangat tinggi, masyarakat Manisharjo berpartisipasi penuh dalam kegiatan karnaval tersebut. Kreativitas dan Imajinasi masyarakat sangat diperlukan guna mencapai hasil kreasi yang memuaskan. 

Pada kesempatan kali ini, mahasiswa KKN MAs Tim 28 ikut berkontribusi dalam pembuatan kreasi perahu dari bambu di Dukuh Pencil. Mahasiswa membantu karang taruna dan pengrajin dalam pembuatan desain perahu, proses memotong dan menebang bambu. Selain itu, mahasiswa KKN MAs juga ikut berperan aktif membantu panitia penyelenggara atau pemerintah desa dalam mempersiapkan acara.

Masyarakat setempat berhasil berkarya dan membuat berbagai kreasi kerajinan dari bambu, seperti kerajinan perabotan dapur, kapal hias, mebel meja kursi, aksesoris, hingga kreasi fashion. Hebatnya, beberapa dari karya masyarakat tersebut berhasil dilelang atau dibeli oleh pihak perangkat desa dan kecamatan. 

Kepala Desa Manisharjo mengucapkan terima kasih penuh kepada Kepala Camat Bendosari dan Bupati Sukoharjo karena telah bersedia mendukung pemerintah desa dalam menyelenggarakan acara. Dengan adanya kegiatan kreatif seperti itu, Kepala desa dan beberapa pihak luar lainnya berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Tak hanya perihal jumlah tunai penjualan karya, tetapi masyarakat diharap dapat mengasah lebih dalam lagi kreativitas, inovasi, dan daya imanjinasinya.

Tags :

bm
Created by: News Unmuh Jember

Humas Unmuh Jember Jaya Jaya Jaya!

Posting Komentar

Connect