Sabtu, 24 Agustus 2024

Unmuh Jember Open Karate Championship 2024: Wadah Kompetisi Karate Tingkat Nasional

Pertandingan antar kedua peserta Open Karate Championship 2024 (Sumber : Humas Unmuh Jember).

Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) melalui UKM Karate memperlihatkan komitmennya terhadap dunia olahraga dengan menggelar Unmuh Jember Open Karate Championship 2024. Acara ini diselenggarakan pada Sabtu & Minggu (24-25/8/2024) dengan total peserta mencapai 600 orang, mulai dari kategori usia dini hingga veteran. Ajang ini berskala nasional dan menjadi salah satu kejuaraan karate terbesar di Indonesia tahun ini.

Muhammad Firman Febriansyah, Ketua Panitia Open Karate Championship, menjelaskan bahwa kejuaraan ini tidak hanya menjadi wadah bagi atlet-atlet karate dari seluruh Indonesia, tetapi juga sebagai sarana promosi untuk memperkenalkan Jember dan Unmuh Jember. 

"Kami ingin menunjukkan bahwa Jember memiliki potensi besar, salah satunya melalui Jember Fashion Carnaval (JFC) yang menjadi mitra UKM Karate Unmuh Jember," ujar Muhammad Firman Febriansyah, Ketua Panitia Unmuh Jember Open Karate Championship.

Kejuaraan ini juga menjadi bukti nyata kepedulian Unmuh Jember terhadap prestasi non-akademis. Bagi para pemenang, terutama yang meraih predikat juara, akan diberikan golden ticket untuk masuk Unmuh Jember tanpa tes. Bahkan, atlet terbaik dari kejuaraan ini akan mendapatkan beasiswa cabang olahraga di kampus tersebut.

Foto bersama antara Panitia UKM Karate dan Mitra (Sumber: Humas Unmuh Jember).

Firman juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal kerjasama antara UKM Karate Unmuh Jember dan berbagai instansi pemerintah, seperti Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Koperasi, PLN, dan Diskominfo. Kejuaraan ini bahkan masuk dalam agenda "Jember Apik dan Keren" dan didukung oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Jember.

“Persiapan sudah kami mulai sejak tahun lalu. Ini bukan sekadar kompetisi olahraga, tetapi juga menjadi ajang promosi untuk Unmuh Jember,” tambah Firman. Acara pembukaan akan dimeriahkan oleh penampilan spesial dari JFC yang menunjukkan sinergi antara seni dan olahraga.

Uniknya, kejuaraan ini mendapatkan banyak dukungan dari perguruan karate di luar Jawa Timur, seperti Dojo Bali, Dojo Mataram, dan Dojo Klungkung, yang turut berpartisipasi dalam ajang bergengsi ini.

Firman berharap, melalui ajang ini, UKM Karate Unmuh Jember semakin dikenal, tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional. "Ini adalah langkah awal kami dalam menyelenggarakan event open championship, semoga ke depannya dapat terus berlanjut dan semakin besar," pungkasnya. 

Dengan suksesnya acara ini, Unmuh Jember berharap dapat membuka jalan untuk penyelenggaraan event serupa di masa depan, menjadikan Jember sebagai pusat kegiatan karate bergengsi di Indonesia.

Tags :

bm
Created by: News Unmuh Jember

Humas Unmuh Jember Jaya Jaya Jaya!

Posting Komentar

Connect